Bukti Otentik dan Bukti Ilmiah Keajaiban Dunia Selat Gibraltar


Gambar Selat Gibraltar

Bukti Otentik Dan Bukti Ilmiah Tentang Selat Gibraltar ( Pertemuan Antara Air Asin Dan Air Tawar ) Keajaiban Dunia Tanda Tanda Kekuasaan Allah Swt.
QS. Ar-Rahman : 19-20 & QS. Al-Furqaan : 53 (Bukti Otentik & Bukti Ilmiah)


Dia (Allah) membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu. Antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui masing-masing. (QS. Ar-Rahman : 19-20)

Dan Dia-lah yang membiarkan dua laut yang mengalir (berdampingan), yang ini tawar lagi segar dan yang lain asin lagi pahit, dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang menghalangi. (Q.S. Al-Furqaan:53)

*Al-Qur'an & Muhammad mengungkapnya 14 abad yang lalu, ilmu pengetahuan modern mengungkapnya pada tahun 1962 yakni oleh Jacques Yves Cousteau

Dua lautan yang tidak bercampur itu terletak di Selat Gibraltar, selat yang memisahkan benua Afrika dan Eropa, tepatnya antara negera Maroko dan Spanyol. Dari hasil googling saya di internet, saya menemukan penjelasan ilmiah tentang laut tersebut.

Arus Selat Gibraltar memang sangat besar di bagian bawahnya. Hal ini dikarenakan perbedaan suhu, kadar garam, dan kerapatan air (density)nya. Air laut di Laut Tengah (Mediterania) memiliki kerapatan dan kadar garam yang lebih tinggi dari air laut yang ada di Samudera Atlantik. Menurut sifatnya, air akan bergerak dari kerapatan tinggi ke daerah dengan kerapatan air yang lebih rendah. Sehingga arus di selat Gibraltar bergerak ke barat, menuju Samudera Atlantik. Lalu apakah air ini akan bercampur dengan air di Samudera Atlantik?

Jangan! Ternyata ketika air dari laut tengah menuju Samudera Atlantik, mereka tidak campuran. Jika ada sebuah ban yang memisahkan kedua jenis air. Bahkan batas-batas antara dua air dari laut sangat jelas. Air Laut Di Samudra Atlantik blue lebih ringan.

Sementara air laut dari pusat laut berwarna lebih gelap. Ini adalah sebuah keajaiban alam. Ini bukan hanya perilaku aneh dari kedua laut ini. Ternyarta, air laut dari laut tengah yang tidak ingin mencampur dengan air dari Samudera Atlantik itu menyelinap di bawah laut air yang berasal dari Samudera Atlantik. Air dari laut tengah menyelinap di bawah ini perairan Samudera Atlantik di bawah kedalaman 1000 meter dari permukaan Samudera Atlantik.

Bagaimana bisa terjadi? Air laut dari Lautan Atlantik memasuki Laut Mediterania atau laut Tengah melalui Selat Gibraltar. Keduanya mempunyai karakteristik yang berbeda. Suhu air berbeda. Kadar garam nya berbeda. Kerapatan air (density) airpun berbeda. Waktu kedua air itu bertemu di Selat Gibraltar, karakter air dari masing-masing laut tidak berubah.

Maka, nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan ?
(QS. Ar-Rahman : 13)
firmansyah
firmansyah

Latest
Previous
Next Post »